Teknologi All Inverter LG Untuk Indonesia

Tidak bisa dipungkiri, di era modern ini, banyak teknologi baru bermunculan. Baik itu untuk penggunaan di kantor, industri, maupun di perumahan. Dan dari teknologi tersebut, banyak sekali perangkat pasokan listrik semakin bertambah.

Namun, seperti yang kita ketahui, pasokan listrik tidak dapat terus bertahan. Ini disebabkan karena terbatasnya sumber daya alam yang dimiliki oleh dunia. Oleh karena itu, dibutuhkanlah perangkat teknologi listrik yang hemat energi.

Melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, pemerintah telah menjalankan kampanye besar bertajuk Potong 10% sebagai gerakan yang bertujuan memperluas kesadaran terkait perilaku hemat energi.

Bagaimanakah cara kita bisa menghemat energi?

Ada beberapa cara untuk menghemat energi di rumah, antara lain:

  • Mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan.
  • Gunakan lampu penerang yang hemat energi namun memiliki cahaya yang cukup terang dan sesuaikan dengan fungsinya.
  • Tidak membiasakan diri untuk berperilaku boros dengan menggunakan listrik sesuai kebutuhan, secara bergantian dan tidak berlebihan dalam menggunakannya.
  • Jika masih bisa menggunakan peralatan rumah tangga secara manual, gunakanlah secara manual untuk menghemat energi.
  • Gunakanlah peralatan rumah tangga dan peralatan kantor hanya yang bersifat hemat energi (Smart Appliances). Misalnya kulkas, ac, mesin cuci yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Penghematan energi tentunya tidak terlepas dari kebiasaan kita dalam menggunakan peralatan listrik dan juga peralatan yang digunakan.  Oleh karena itu, diperlukan sekali peralatan rumah tangga dan peralatan kantor yang hemat energi.

Jaeyoung Lee, Presiden Direktur PT. LG Electronics Indonesia

“Dunia sedang bergerak menuju teknologi yang jauh lebih baik dan ramah lingkungan. Sebagai perusahaan yang telah menjadi bagian dari komunitas Indonesia sepanjang 26 tahun, menjadi kewajiban kami untuk lebih berperan aktif dalam perubahan ini melalui penyediaan perangkat elektronik berbasis inverter,” ujar Jaeyoung Lee, Presiden Direktur PT. LG Electronics Indonesia.

Pemanfaatan teknologi inverter sebenarnya memang bukan hal baru bagi LG. Karena memang LG sudah memanfaatkan teknologi ini untuk produk kelas premium mereka. Namun, LG menyadari dengan hanya menawarkan penggunaan listrik lebih hemat ternyata tak cukup menarik perhatian orang berpindah pada teknologi ini.

Menurut Jaeyoung Lee, hal inilah yang membuat koleksi perangkat elektronik rumah tangga inverter LG pada tahun ini menjadi istimewa. Kenapa? Karena berbagai inovasi telah disematkan untuk mengoptimalkan kerja hemat listrik dari teknologi inverter. Tidak hanya itu, Lg juga melengkapi keseluruhan koleksi ini dengan fitur pendukung kesehatan untuk memperkuat keberadaannya sebagai penunjang gaya hidup modern yang lebih peduli kesehatan.

Di acara LG All Inverter Launch 2017 yang diadakan beberapa waktu yang lalu, LG memperkenalkan beberapa teknologi terbaru yang sudah disematkan di produk mereka. Antara lain:

AC LG Dual Cool Series

AC LG Dual Cool Series ini adalah AC Inverter dengan dua keunggulan untuk segala kebutuhan. Keunggulan utamanya yaitu Jet Cool dan Multi Watt Option. Dengan kedua unggulan tersebut, AC LG Dual Cool Series dikatakan dapat menawarkan proses pendinginan yang lebih cepat hingga 30% dan lebih hemat listrik hingga 70% dibandingkan AC konvensional.

Menyertai keunggulannya ini, LG juga memberikan kenyamanan ekstra bagi konsumen dengan garansi hingga 10 tahun untuk kompresornya dan tambahan perlindungan satu tahun bagi unit PCB. Bagian unit outdoor seluruh lini AC LG Dual Cool Series sudah dilapisi teknologi anti-karat yang membuatnya lebih tahan terhadap kemungkinan kerusakan akibat perubahan cuaca. Selain itu, LG juga menggunakan low refrigerant detector yang bekerja otomatis memberi sinyal kepada pengguna bila terjadi penurunan refrigerant untuk reaksi lebih cepat dari kemungkinan terjadi kebocoran.

AC LG Dual Cool Series ini terbagi dalam tiga varian utama yaitu Eco, Smart dan Deluxe.

 

LG InstaView Door-in-Door™

Pada deretan lemari es, inovasi teknologi Inverter teraplikasi pada kompresor berdesain khusus yang dinamakan LG Smart Inverter Compressor. Keunikan kompresor ini terdapat pada pengoperasian yang bertumpu pada satu tuas penggerak. Keuntungan dari teknologi ini adalah minimalnya gesekan antar bagian kompresor menjadi satu titik gesek sehingga energi yang dibutuhkan kompresor Smart Inverter ini menjadi lebih kecil. Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi tingkat kebisingan saat pengoperasian.

Dari hasil pengujian  lembaga uji skala global berbasis Jerman yaitu VDE Verband der Elektrotechnik, Elektronik und Informationstechnik, menyatakan bahwa LG Smart Inverter Compressor mampu menghemat asupan listrik hingga 32% dan juga mampu mengurangi kebisingan dalam pengoperasian hingga 25% lebih baik dibandingkan kompresor konvensional.

Keunikan dari LG InstaView Door-in-Door™ adalah pada kemampuan lemari es ini yang membuat pengguna dapat cepat melihat isi dalam lemari es bahkan tanpa harus membuka pintunya. Dengan ketukan tangan dua kali, maka panel sentuh LCD sebesar 29 inch di bagian depan pintu akan menjadi aktif dan membuat pengguna dapat melihat langsung berbagai bahan makanan dalam kabin simpan lemari es tanpa harus membuka pintunya.

Selain itu kerja hemat listrik pada lemari es ini semakin optimal dengan teknologi Door-in-Door™ yang berupa keberadaan kompartmen tersembunyi yang terletak pada salah satu bilah pintunya. Dikatakan tersembunyi karena letak kompartmen ini bak pintu rahasia dengan dimensi lebih kecil yang berada di lapis dalam bilah pintu utamanya. Untuk mengaksesnya, LG menyediakan tombol yang terletak pada bagian bawah bilah pintu ini.

 

LG NeoChef

LG NeoChef memiliki design minimalis dan elegan dengan menggunakan panel utuh dari bahan tempered glass dengan sentuhan matte pada bagian eksteriornya. Teknologi inverter pada LG NeoChef mampu memberikan panas lebih merata pada saat proses menghangatkan kembali maupun proses defrost.

Selain itu, microwave oven ini memiliki fleksibilitas tinggi bagi pengguna untuk memilih tingkat daya yang digunakan. Pengguna dapat memulai proses pemasakan dengan mengatur pada tingkat daya tertentu untuk kemudian mengubahnya, baik menaikkan maupun menurunkannya, di tengah proses pemasakan bergantung pada opsi pemasakan yang dipilih.

Perangkat bagian dalam tungku gelombang mikro LG NeoChef ini dilapisi dengan Anti-Bacterial Easy Clean yang memilliki kemampuan mengeliminasi kemungkinan adanya bakteri hinga 99,99% dan juga sangat mudah untuk dibersihkan.

Desain piringan yang menjadi alas tempat bahan makanan dalam tungku menggunakan enam titik pendukung yang berguna memberikan kestabilan lebih baik serta mencegah kemungkinan bahan makanan tertumpah yang biasa terjadi akibat peletakan wadah yang tidak tepat di tengah piringan.

Untuk penerangan dibagian dalam tungku, LG menggunakan lampu LED yang lebih hemat listrik dan memiliki tingkat kecerahan tiga kali lipat lebih baik di banding dengan jenis lampu sebelumnya.

 

LG TwinWash

Dari beberapa produk yang diperkenalkan, yang paling menarik perhatian saya adalah LG TwinWash.  Dengan adanya LG TwinWash ini, pengguna dapat mencuci pakaian dalam dua tabung secara bersamaan. LG TwinWash dilengkapi dengan tabung cuci ganda dimana tabung utama memiliki kapasitas 21 kilogram dan tabung pendamping yang tepat berada di bawahnya memiliki daya tampung 3,5 kilogram.

LG TwinWash ini dilengkapi dengan motor penggerak LG Smart Inverter Motor yang diletakan melekat langsung terhubung dengan tabung. Hal ini memiliki banyak keuntungan antara lain kerja terintegrasi antara tabung dan motor dapat membuat gerak lebih stabil. LG TwinWash memiliki fitur 6 Motion Direct Drive Technology yang dapat digunakan sekaligus secara bersamaan atau cukup memilih salah satunya dengan menyesuaikan kebutuhan dan variasi bahan pakaian.

Selain itu keuntungan lain dari peletakkan motor yang melekat pada tabung adakah dapat meminimalkan gesekan antar bagian serta dapat menekan kebutuhan energi. Ketiadaan karet penghubung membuat mesin cuci minim getaran, tingkat kebisingan suara yang lebih halus dan ketahanan pakai yang lebih baik.

Selain itu, LG TwinWash ini dilengkapi dengan berbagai teknologi True Steam yang memanfaatkan uap panas untuk tiga kebutuhan. Selain memastikan cucian terlepas dari berbagai hal yang dapat menggangu kesehatan dan menyegarkan pakaian, teknologi ini juga berguna untuk kebutuhan melembutkan hasil cucian seperti bahan handuk.

****

Selain peluncuran LG All Inverter, LG juga memperkenalkan aplikasi khusus yang merupakan bagian dari proyek Internet of Things. Aplikasi ini bisa di unduh dan diinstal di smartphone pengguna. Saat ini, aplikasi ini bisa digunakan untuk dua produk mereka yaitu pada LG InstaView Door-in-Door™ untuk memonitor suhu, melakukan perubahan suhu, melakukan deteksi terhadap kemungkinan masalah serta solusi mengatasinya saat produk tidak beroperasi dengan baik dan juga pada LG TwinWash yang dapat berfungsi sebagai remote control untuk mengaktifkan pencucian dari jarak jauh, melakukan deteksi pada gangguan dan juga solusi untuk mengatasi gangguan tersebut.

Dengan adanya teknologi All Inverter ini tentunya diharapkan kita bisa menghemat penggunaan energi di rumah tangga sekaligus meningkatkan kualitas kehidupan kita. Tentunya kita juga mau dong memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan juga konsumsi energi lebih rendah. Lagipula.. Konsumsi energi lebih rendah artinya kan… Tagihan listrik juga lebih murah sehingga selisih biayanya bisa digunakan untuk hal yang lain deh. Hohohoho..

See you on the next post.

All picture is taken by me unless stated below the picture.

DO NOT COPY AND PASTE THE CONTENT, INCLUDE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION.

Copyright of rachanlie.com

 

 

 

 

 

Comments

  1. Liswanti says:

    Yuk ah beralih ke teknologi inverter, supaya hemat listrik. LG ini produknya keren-keren ya

  2. Ani Berta says:

    Luar biasa banget inovasinya LG ini.
    Selain hemat energi buat home apliance nya juga peduli kesehatan.

  3. pengen rasanya bawa pulang salah satu produk LG all inverter ini,, sayang kemarin nggak beruntung dapet doorprize nya

  4. Lagi kepengen banget punya mesin cuci twinwash sama kulkas LG ini hehe.

  5. Mira utami says:

    Wahh pola gidup henat ditambah produk inverter makin lengkap yah

  6. Sudah saatnya memilah dan memilih yang ramah lingkungan ya mba, LG keren yaa, mesin canggih, plus ramah lingkungan

  7. Nunu Halimi says:

    AC di rumah lagi kurang dingin, padahal sudah di servis, lihat AC LG ini jadi mupeng..

  8. duh pengen semua nih, listrik bakalan hemat banget yak

  9. Ratna Dewi says:

    Penghematan energi memang kayaknya sepele banget tapi efeknya besar banget bagi kehidupan. Dan LG memulai itu dengan inovasinya pada produk home appliances.

  10. infoana says:

    mantap sekali mbak, setuju sekali saya

  11. Maya Siswadi says:

    Ahhhhh produknya bikin mupeng semua yaaa. Pengen deh punya mesin cucinya, cocok buat pemalas kayak aku, hahaha

  12. Lendyagasshi says:

    Keren niih…
    Konsen sama lingkungan.

    Semog makin banyak produk yang gak cuma peduli sama profit, tapi juga peduli lingkungan.

    1. rachanlie says:

      Iyaa. Supaya lingkungan bisa lebih terjaga ya. Jd lebih tenang kalo pake produk yg ramah lingkungan. 🙂

  13. diane says:

    Produk yang keren ihh..mau kulkasnya ama mesin cuciiiii 😍

    1. rachanlie says:

      Samaaa.. Aku mau itu jugaa.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *