Aidijuma X World Hijab Day

Pernah denger World Hijab Day gak? Kalau aku.. Sejujurnya baru denger beberapa tahun belakangan. Ternyata, World Hijab Day itu mulai diperingati sejak tahun 2013, tepatnya pada tanggal 1 Februari. World Hijab Day yang diinisiasi oleh Nazma Khan ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada seluruh wanita yang memilih untuk mengenakan hijab dalam kehidupannya sehari-hari.

Di World Hijab Day, para wanita Non Hijabi Muslim atau Non Muslim di undang untuk merasakan pengalaman mengenakan hijab selama satu hari. Tujuannya supaya mereka memiliki pemahaman dan toleransi untuk para muslimah yang menggunakan hijab.

Trus.. Apa hubungannya sama gue?

Hmmm.. Di Indonesia ini, memang betul Islam adalah merupakan agama mayoritas dari penduduk Indonesia. Tapi, bukan berarti kita bebas mengenakan hijab dalam kehidupan sehari-hari loh.

Ah Masa?

Sedikit flashback ya. Kebetulan saya itu dulu bekerja di bidang Pariwisata. Tepatnya di dunia perhotelan. Dan pada saat itu, bagi seorang wanita yang menggunakan hijab agak sulit untuk mendapatkan pekerjaan di Front Of The House alias di Front Office. Saat itu saya memang kebetulan belum berhijab, tapi saya melihat dengan mata kepala saya sendiri, teman saya ada yang terpaksa membuka hijabnya ketika bekerja. Jadi pas kerja, dia buka hijab lalu pas pulang, pakai lagi.

Ya.. Itu memang pilihan. Kamu mau buka hijab atau tidak, ada yang menolak, tapi ada juga yang terpaksa menerima. Dari situ ada satu hal yang bisa dipetik, yaitu artinya belum semua perusahaan bersedia menerima karyawannya mengenakan hijab.

Serius lo?

Serius deh. Ya memang sih gak semua perusahaan begitu. Dan gak semua hotel juga gitu. Di hotel  tempat aku kerja dulu tetap menerima kok karyawan yang berhijab. Tapi… Hanya di departemen tertentu dan bukan di Front Office. Jadi kalo gak di Front Office ya bisa aja sih. Nah kalo di Front Office piye? Yaaaa gitu deh. Open or leave it.  

Sedih ya. Nah makanya. Jangan kira Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim ini artinya kita bebas menggunakan hijab. Ya untuk sebagian besar memang iya, tapi masih ada loh yang gak bebas. Makanya dengan adanya World Hijab Day ini, kita diingatkan untuk terus mendukung teman-teman kita yang menggunakan hijab  untuk terus mengenakan hijabnya dan berkarya mengejar mimpinya.

Aidijuma

Aidijuma Scarf adalah sebuah brand scarf Malaysia terkemuka sejak 2012. Brand ini dikenal melalui berbagai produk dari bawal (voile) dan scarf satin. Pendiri dan CEO dari Aidijuma Scarf adalah Datin Norjuma Habib Mohamed. Melalui motif yang indah dan unik, inovasi desain dan harga yang bersaing, brand tersebut telah meroket menjadi salah satu merek scarf yang paling laris di Asia Tenggara. Saat ini Aidijuma Scarf sudah memiliki lebih dari 20 concept store di Malaysia dan 1 di Brunei Darussalam.

Dalam perkembangannya, Aidijuma Scarf aktif berpartisipasi dalam amal dan juga pemberdayaan wanita. Tak heran jika kini mereka semakin dikenal  sebagai platform pemberdayaan wanita melalui tagline mereka ‘Wear It As You‘ dan juga hashtag #scarfwithsoul.

Aidijuma X World Hijab Day

Tahun 2017 ini, Aidijuma bekerja sama dengan World Hijab Day mengadakan event Aidijuma x World Hijab Day di 5 negara. Aidijuma sebagai penyelenggara rangkaian event dengan ThinkFashion sebagai organizer, memperingati World Hijab Day sebagai bagian dari charity dan empowerment event Aidijuma di Bulan Februari yang bertema #SpreadLove.

Pada 19 Februari 2017, Aidijuma X World Hijab Day sudah dilakukan serentak di 3 Negara, yakni Indonesia, Turki, Brunei Darussalam. Kegiatan serupa juga sudah dilakukan pada 5 Februari 2017 di London, UK, dan berakhir kemarin pada tanggal 26 Februari 2017 di Malaysia.

World Hijab Day x Aidijuma London (source: instagram @modestfashionlondon)
World Hijab Day x Aidijuma Brunei (source: instagram @putrinorizah)
World Hijab Day x Aidijuma Turkey (source: instagram @frankasoeria)
World Hijab Day x Aidijuma Malaysia (source: instagram @aidijuma)

Untuk Aidijuma x World Hijab Day ini, Datin Norjuma selaku owner Aidijuma mencetak 10.000 scarf dengan exclusive design  khusus untuk World Hijab Day yang diberi BAWAL PRINTED – WHD (World Hijab Day. Scraf ini dibagikan kepada muslimah di 5 negara yang menghadiri event Aidijuma X World Hijab Day dan didonasikan untuk para pengungsi Syiria yang ada di Malaysia.

Bawal Printed – WHD

Di Indonesia, Aidijuma bermitra dengan Think Fashion Istanbul Turki by Franka Soeria, mengadakan kegiatan “casual hangout” sharing hijab experience and style bersama influencer muda:

  1. Shirin Al Athrus
  2. Darin Al Athrus
  3. Nesa Aqila

Di acara kemarin, para influencer muda ini berbagi mengenai pengalamannya dalam berhijab. Ternyata ya.. Walaupun mereka masih tergolong muda belia, pemikiran mereka sangat matang. Mereka memilih untuk mengenakan hijab dari usia muda karena bagi mereka Hijab adalah kewajiban muslimah, bukan pilihan. Makanya mereka sudah mulai mengenakan hijab sejak usia muda.

Namanya juga masih muda ya, mereka juga mengalami pergelutan batin ketika dihadapkan dengan pergaulan dan juga pekerjaan. Namun kembali lagi, mereka menemukan kenyamanan dan keamanan ketika mengenakan hijab, jadi mereka tetap mengenakan hijab mereka.

Dengan mengenakan hijab bukan berarti membatasi kegiatan kita ataupun membatasi kita dalam meraih mimpi kita. Dengan mengenakan hijab, kita bisa terus berkarya, meraih mimpi kita.

Nah kalo penasaran mau tau acaranya seperti apa, berikut foto-foto keseruan acara kemarin.

Sambutan dari Mba Wawa Raji, ThinkFashion
Sharing session
Pesertanya serius mendengarkan sharing session
Hijab Tutorial by Nesa Aquila
Hijab Tutorial by Darin
Games Hijab Styling
World Hijab Day x Aidijuma Jakarta (source: Blogger Crony)

Happy World Hijab Day. I Wear Hijab and I am Proud.

See you on the next post. 🙂

All picture is taken by me unless stated below the picture.

DO NOT COPY AND PASTE THE CONTENT, INCLUDE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of rachanlie.com

Comments

  1. Tetty says:

    Wah baru tau ada event ini. Dan memang dulu sulit untuk berhijab, alhamdulillah skrg trend fashion hijab makin berkembang ya

    1. rachanlie says:

      Iya betul. Sekarang sudah semakin berkembang. InShaaAllah bisa semakin dimudahkan ya. 🙂

  2. nia nastiti says:

    Lengkap banget Mba Mir sampe event di negara lain juga, mantap 😀

    1. rachanlie says:

      Hehehehe.. Maacih. 🙂

  3. Swastikagie says:

    Mak mir, mmg perkembangan hijab di Indonesia cukup lamban. Alhamdulillah skrg makin sadar generasi muda bahwa hijab bukan budaya tapi keharusan 😊 keep hamasah ya mak mir 😉

    1. rachanlie says:

      Iya. Dulu memang lamban ya. Alhamdulillah sekarang sudah lebih berkembang. Aamiin. InShaaAllah. Dirimu juga yaa. 🙂

  4. Hai mba Mira. Awalnya pun aku nggak ngeh dengan World hijab gitu. Tapi kegiatan ini memang harus didukung agar tak ada lagi yang lepas jilbab karena terpaksa. Tq mba 🙂

    1. rachanlie says:

      Iya mba.. Aku awalnya malah gak tau. HEhehehe. Iya betul. Harus didukung terus ya supaya lebih aware. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *