Review: Bio Oil, The Multipurpose Oil

Tahun 2014 yang lalu, aku pernah membuat review mengenai satu produk yang bisa membantu mencerahkan dan menyamarkan bekas luka dan stretch-marks, yaitu Bio-Oil. Dan pada saat itu, aku mencoba menggunakannya untuk keloid yang kebetulan bertebaran di beberapa bagian tubuh.

Baca juga: A Skincare Amateur Review: Bio-Oil

bio-oil

Nah di post ini akan aku ulang sedikit ya reviewnya. Bio-Oil di produksi di Afrika Selatan, di formulasikan oleh kimiawan Jerman, Dieter Beier pada tahun 1987. Seiring perkembangannya, Bio-Oil telah mendapatkan 191 penghargaan Internasional dan juga menduduki peringkat pertama di 17 negara sebagai produk spesialis khusus untuk perawatan scars dan stretch mark sejak peluncurannya di pasar Internasional di tahun 2002.

Bio-Oil mengandung bahan terobosan yaitu PurCellin Oilβ„’ . Selain itu, juga mengandung Vitamin A, Vitamin E, dan Minyak Esensial alami yaitu Calendula, Rosemary, Chamomile dan Lavender yang telah di gunakan selama berabad-abad untuk menghaluskan, mencerahkan dan menyelaraskan kulit.

Kemasan

bio-oil-7

Bio-Oil di kemas dalam botol plastik sehingga lebih aman karena tidak perlu takut botol jatuh dan pecah. Tutupnya ulir, jadi ketika akan digunakan tinggal di putar saja untuk membuka tutupnya. Di bagian dalamnya ada stopper yang mencegah isinya tumpah ruah ketika akan digunakan. Jadi gak usah takut netesinnya kebanyakan.

Tersedia dalam 2 ukuran, yaitu 120 ml dan 60 ml.

Tekstur Bio-Oil

Bio-Oil di sebut “Dry Oil” jadi walaupun teksturnya cair dan berminyak, Bio-Oil dapat dengan cepat menyerap ke kulit dan tidak membuat kulit jadi berminyak. Jadinya gak perlu khawatir bakalan ngerasa berminyak kalau pakai. Malah aku ngerasanya kulit jadi berasa lebih lembab dan kenyal setelah pemakaian Bio-Oil ini.

How To Use

Penggunaan Bio-Oil sangatlah mudah. Tuang beberapa tetes di tangan, usapkan sambil sedikit di massage ke bagian tubuh dengan gerakan memutar. Gunakan secara rutin, dua kali sehari.

The Verdict

Nah gak dulu, gak sekarang, aku tetap suka sama Bio-Oil. Malahan karena aku suka sama Bio-Oil ini, aku jadi suka eksperimen sama Bio-Oil. Ternyata selain untuk menyamarkan bekas luka/scars, stretch marks, uneven skintone, dehydrated skin and ageing skin, Bio-Oil punya banyak kegunaan lain loh. Berikut pengalaman aku menggunakan Bio-Oil ya.

Melembabkan kulit wajah dan membantu regenerasi kulit baru.

Ada suatu masa ketika kulit wajah aku kering banget. Kalo gak salah waktu itu aku lagi nyoba salah satu produk pembersih wajah dan gak cocok. Kulit aku langsung berasa kesat dan gak lama langsung kering banget, mulai mengelupas dan perih. Sedih banget. Nah saat itu, aku keinget sama Bio-Oil lalu aku coba pakai di kulit wajah aku. Aku pakai setiap habis mandi dan sebelum tidur. Hasilnya.. Kulit aku perlahan mulai lembab lagi, kenyal dan yang paling penting, gak perih lagi.

Pembersih Make-up Mata

bio-oil-8

bio-oil-for-eyes

bio-oil-for-eye-makeup-cleanser

Mata aku termasuk yang sensitif banget. Jadi kalau membersihkan make-up mata gak bisa sembarangan. Dan pernah suatu saat pas aku lagi mau bersihin make-up mata ternyata pembersih make-up mata aku habis. Itu kejadiannya udah malem dan gak mungkin aku beli dulu. Ninka gak punya pembersih make-up mata dan kebetulan yang punya adikku gak cocok karena bikin perih di mata. Dan akhirnya eksperimen lagi deh. Aku ambil kapas kemudian aku kasih beberapa tetes Bio-Oil. Lalu pelan-pelan aku coba untuk bersihin make-up mata aku. Ternyata berhasil dan gak bikin perih di mata. Iiihhh.. Seneng banget.

Pembersih Make-Up Bibir

bio-oil-use

bio-oil-for-lip-cleanser

bio-oil-for-lips

Serupa sama yang untuk mata, karena kehabisan pembersih lipstick dan pas di coba ke mata ternyata hasilnya ok, jadi aku coba juga untuk bersihin lipstick di bibir. Ternyata gampang banget bersihinnya dan setelah dibersihkan dengan Bio-Oil, bibir terasa lebih lembut.

Membantu Mengurangi Gatal di Kulit Kepala

Kadang-kadang kulit kepala aku suka gatel banget. Dan kalau udah begitu gemes banget pengen garuk-garuk aja bawaannya. Dan akhirnya iseng deh aku campurin Bio-Oil ke shampo aku. Jadi aku tuang shampo ke tangan, kasih dua tetes Bio-Oil, aduk lalu aku pakai untuk keramas seperti biasa. Setelah dibilas, rambut jadi terasa lebih halus dan mudah untuk di atur. Pas udah kering, kulit kepala gak kerasa gatal lagi. Jadinya kalau aku lagi ngalamin gatal di kulit kepala, obatnya ya keramas dengan campuran shampo plus Bio-Oil.

Melembabkan Kulit dan Aromaterapi ketika Mandi

Pada waktu aku lagi nyobain Bio-Oil untuk keramas itu, gak sengaja Bio-Oilnya ketetes di bak mandi berisi air hangat. Ternyata, malah jadi enak banget. Wangi Bio-Oilnya malah jadi semacam aromaterapi yang menenangkan dan pas airnya dipakai untuk mandi, kulit jadi kerasa makin lembab. Akhirnya sekarang kalau lagi berasa kering banget kulitnya, aku suka mandi dengan air hangat yang di kasih beberapa tetes Bio-Oil deh.

Sebagai Pelembab Bagian Ujung Rambut

Bio-Oil juga bisa digunakan untuk melembabkan ujung-ujung rambut, jadi cukup teteskan sedikit di telapak tangan, usap-usap lalu gunakan di ujung rambut. Ini membantu banget untuk mencegah rambut jadi bercabang.

Membantu mengurangi pecah-pecah di tumit

Kalau sudah banyak jalan dan banyak kena air, kulit di bagian tumit aku suka jadi kering dan pecah-pecah. Ini gak enak banget. Dan kalau sudah begini, aku suka campurin Bio-Oil dan body lotion yang aku pakai. Jadi sebelum tidur, aku oles campuran ini ke tumit, pakai kaos kaki lalu tidur. Paginya kulit di bagian tumit sudah jadi lebih lembut dan gak pecah-pecah lagi.

Membantu mengurangi lecet di kaki

Kalau pakai sepatu baru, yang paling bikin aku gemes itu aku sering banget kena lecet. Sebel banget deh. Pas lagi seneng-senengnya punya sepatu baru, eh lecet dan bikin sengsara. Kalau udah begini, Bio-Oil to the rescue. Aku olesin Bio-Oil dulu sebelum dan sesudah pakai sepatunya. Alhamdulillah bantu banget megurangi lecet di kaki aku. Gak cuma kalau pakai sepatu baru aja sih. Kadang-kadang kaki aku juga suka lecet kalau kebanyakan keluyuran. Nah kalau kaki aku lagi lecet karena kebanyakan keluyuran itu, aku suka pakai Bio-Oil juga buat bantu ngurangin lecetnya. Ampuh cyin.

Sebagai Moizturizer dan Primer

Gara-gara kulit wajah aku kering seperti yang aku sebut di atas, aku jadi suka pakai Bio-Oil ini sebagai moisturizer. Dan ternyata selain moisturizer, bisa digunakan juga sebagai primer. Tinggal pakai saja di kulit wajah, diamkan hingga Bio-Oil terserap dengan sempurna, baru gunakan foundation dan make-up seperti biasa. Hasilnya make-up menempel dengan cukup baik dan gak bikin muka jadi patchy.

Sebagai Campuran Foundation Untuk Hasil Make-Up yang Dewy

Ada kalanya aku lagi kepengen make-up terlihat dewy. Dan cara paling gampang itu adalah mencampurkan satu atau dua tetes ke foundation yang akan kita gunakan. Hasil akhirnya akan terlihat dewy dan kulit terasa lembab dan kenyal.

Sebagai Campuran Untuk Scrub

Bio-Oil juga bisa digunakan untuk campuran scrub. Tinggal tuang beberapa tetes Bio-Oil, tambahkan gula pasir atau garam laut, aduk rata lalu gunakan untuk scrub. Biasanya aku pakai scrub dengan gula untuk bagian bibir dan scrub dengan garam untuk bagian tubuh.

Membantu mengurangi gatal dan mengembalikan kondisi kulit setelah bekam.

Dulu saya pernah diajak sama Udjo untuk bekam. Memang setelah bekam yang dirasakan adalah badan terasa lebih ringan dan enteng. Lebih segar juga. Tapi, satu hal yang saya tidak sukai dari bekam adalah bekasnya. setelah bekam, punggung akan banyak bulatan bekas bekam dan titik-titik bekas tusukannya. Nah di hari-hari awal biasanya akan terasa perih. Setelah itu, timbul rasa gatal satu punggung di area bekas bekam itu. Duh itu ganggu banget. Apalagi saya gak berani banget untuk garuk-garuk punggung karena riskan luka dan jadi keloid. Akhirnya tercetus ide untuk di oleskan saja sama Bio-Oil. Hasilnya bantu banget untuk mengurangi rasa gatal, perih dan juga mempercepat proses pemulihan kulit bekas bekam itu. Jadi yang awalnya butuh waktu sekitar seminggu, sekarang kurang dari seminggu, punggung sudah bebas dari bekas bekam dan rasa gatal. 

Hmmm.. Gak kerasa banyak juga ya kegunaan Bio-Oil. Gak heran di forumnya Female Daily dan Mommies Daily banyak banget yang review karena suka banget sama Bio-Oil ini. Ya Iyalah.. Manjur. Aku juga suka. πŸ™‚

bio-oil-and-me

Badan kita itu cuma ada satu, jadi sebisa mungkin harus dirawat dan di jaga. Gak cuma jaga kesehatan badan aja. Tapi harus jaga kesehatan kulit juga dong. Kalau kulit sehat, kita akan jadi lebih percaya diri dan tentunya hal ini juga bikin kita lebih positif dan mencintai kehidupan kita. 

Dan ini, sejalan banget deh dengan campaign #BioOilLoveYourSkinandLife . Setelah menggunakan Bio-Oil, aku jadi semakin cinta sama kulit aku dan tentunya kehidupan aku juga dong.

See you on the next post. πŸ™‚

DO NOT COPY AND PASTE THE CONTENT, INCLUDE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION
Copyright of rachanlie.com

Comments

  1. Fanny f nila says:

    Wah banyak bgt gunanya ya mbaaa.. Jd pengen beli juga… Untuk ngelembabin daerah mata biar ga kering :).

    1. rachanlie says:

      Oh iyaa.. Aku pernah baca, bagus juga itu buat daerah mata. Buat bantu memperbaiki bagian kantong mata. Tapi kebetulan belum pernah coba. Makanya blom dimasukin ke list. πŸ™‚

  2. Ria Rochma says:

    Huwaaa.. banyak banget manfaatnya, ya Mbak, ini si Bio Oil. Lengkap banget percobaan dan hasilnya. Jadi pengen coba..

    1. rachanlie says:

      Hehehe. Coba mba Ria. Banyak banget manfaatnya. Aku udah pake dari tahun 2014. πŸ™‚

  3. Putri says:

    Akupun pakeee buat make up remover hihi.. Bener2 bisa buat apa ajaa yaa bio oil inii.. Sukaaaa

    1. rachanlie says:

      Hehehhee. Iya.. Banyak manfaatnya. Jadinya all in one banget. πŸ™‚

  4. nia nastiti says:

    Pingin coba yang buat kulit kepalaa, nice tips Mba Mir, baru tau dan kayaknya bakalan bermanfaat banget buat kulit kepalaku πŸ˜€

    1. rachanlie says:

      Maacih Nia. Bio-Oil bantu banget buat soothing kulit kepala. Jadinya gak gatal lagi. Apalagi sejak pakai hijab, gampang banget ngerasa gatal di kulit kepala. Dan seneng banget akhirnya nemu “obat”nya. πŸ™‚

  5. Susindra says:

    Wah… bio oil ini juga cocok buat saya yang matanya sensitif. Mudah sekali perih & gatal mata jika membersihkan sisa make up di situ

    1. rachanlie says:

      Iya mba. Aku juga sensitif banget. Nyobain pake bio-oil ternyata malah cocok. Jadi sekalian aja deh. πŸ™‚

  6. Sandra says:

    Nah ini, aku dah punya bio oilnya tapi jarang dipake karena ngga ada waktu hihihi, ternyata bisa buat ngebersihin bibir & mata yaaa

    1. rachanlie says:

      Hihihihi.. Sibuk sama bocah ya buuuu. Bisa banget buat bersihin make-up. Gak bikin perih dan kering pula. πŸ™‚

  7. penghargaannya banyak banget ya sampe 191 gitu.. berarti terbukti mujarab ini bio-oil, apalagi daku samaa, gudangnya keloid.. abis lahiran caesar 2 kali cyiienn…

    1. rachanlie says:

      Hahahah.. Tos kitaaa. Akupun banyak bener keloid. Selain caesar 2x, ada bakat keloid juga. Jadi kadang luka kecil aja bisa jadi keloid. *sigh* Makanya temenan banget sama bio-oil πŸ™‚

  8. Desy Yusnita says:

    Aku koq baru tau bisa buat eye remover….seneng girang….bisa sekian beli nya

    1. rachanlie says:

      Hihihihi.. Lumayan yaa.. Jadi bisa satu produk buat macem-macem. All in one. πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *