Membersihkan Rumah ala Rachanlie

Sejujurnya, saya itu agak jarang bebersih. Yes I know.. Gak bener itu sebetulnya. I’m a bit of a hoarder also, I guess. Jadi karena banyak barang, bawaannya agak males untuk bersihinnya. Tapi sekalinya dapet “wangsit”… Nothing can stop me from cleaning up.

electrolux-cleaning-floor-2

Pas kuliah di Perhotelan dulu, aku diajarin gimana caranya untuk bersihin kamar, lantai, jendela, meja sampai kamar mandi. Yaa namapun di hotel ya. Gak beda jauh ya sama di rumah. Beda lokasi, ukuran dan jumlah kamarnya aja. Sisanya mah.. Sarua keneh.

Dan sebetulnya, aku itu agak freak kalau sudah berhadapan dengan masalah membersihkan. Freak disini dalam artian harus sebisa mungkin bersih, mengkilap, kinclong. Kalau memang harus berkali-kali bersihinnya supaya bisa bersih banget, bakalan dijabanin. Pokoknya harus kinclong. Kalau bisa malah seperti baru.

Ketika saya mulai berkeluarga, mulai deh tuh gatel. Gak bisa lihat berdebu dikit bawaannya mau di lap. Gak bisa lihat kotor dikit, bawannya mau di gosok. Kayaknya naluri domestic goddess-nya keluar banget.

Nah sejak itu, saya mulai deh tuh agak lebih rajin membersihkan rumah. Well, I don’t say my house is the cleanest. Soalnya.. Aku masih tinggal di rumah orang tuaku dan penduduknya banyak plus gak ada asisten rumah tangga. Jadi otomatis aku gak bisa kontrol kebersihannya secara keseluruhan. Tapi walaupun demikian, I try to do as much as I possibly can.

Beberapa hal yang saya lakukan adalah:

  • Bersihkan tembok yang kotor menggunakan spons dan air sabun. Kalau sudah punya anak, kadang-kadang tembok bisa cepet banget kelihatan kotor. Salah satu cara yang bisa di lakukan adalah dengan membersihkannya menggunakan spons dan air sabun. Caranya, cukup gosok tembok yang kotor dengan spons yang sudah di basahi dengan air sabun dengan gerakan memutar. Lalu lap dengan lap bersih. Cara ini bisa di gunakan juga untuk membersihkan meja belajar anak supaya bersih.
  • Bersihkan lantai kemudian pel setidaknya sekali dalam satu hari. Kalau memiliki anak bayi dan balita, bisa ditambah frekuensinya.
  • Bersihkan debu dan kotoran di bawah tempat tidur,
  • Bersihkan debu disela-sela pajangan rumah, rak buku beserta buku-bukunya.
  • Bersihkan debu di antara lampu dan kap lampunya.electrolux-cleaning-lamp
  • Bersihkan debu di antara gorden dan sudut-sudut jendela. electrolux-cleaning-curtains
  • Bersihkan debu di sofa, kolongnya dan sudut-sudutnya yang tersembunyi. electrolux-cleaning-sofa
  • Rutin membuang sampah supaya baunya tidak mengganggu dan menjaga dari tikus serta lalat agar tidak mampir ke rumah.
  • Rutin mengganti seprai 1-2 minggu sekali.
  • Rutin menguras dan membersihkan bak mandi dan bak penampungan air setidaknya 1 bulan sekali supaya bersih dari jentik-jentik nyamuk.

Salah satu peralatan rumah tangga yang bisa membantu banget dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga ini adalah vaccum cleaner. Vaccum cleaner ini bisa di gunakan untuk membersihkan lantai menggantikan fungsi sapu dan juga membersihkan debu-debu.

Dan buat aku, adanya vaccum cleaner itu bak penyelamat banget karena aku itu sebetulnya alergi debu. Jadi kalau bersih-bersih harus banget pake masker dan walaupun udah gitu, masih aja bersin-bersin, mata berair dan gatel-gatel. Makanya vaccum cleaner itu life saver banget deh.

Nah ngomongin vaccum cleaner, di rumah aku, aku pakai vaccum cleaner untuk menggantikan sapu, menyedot debu di perabotan, di rak buku, buku-buku, kap lampu, sofa, gorden dan banyak lagi. Pokoknya berguna banget deh.

electrolux-cleaning-floor-3

Vaccum cleaner yang aku punya saat ini adalah produk dari Electrolux Indonesia yaitu MobiOne ZMO1510AG. Ini adalah vaccum cleaner tipe bag yang compact dan ringan. Pas banget untuk dipakai di rumah. Sejauh ini, aku seneng dan puas banget sama performa dari vaccum cleaner Electrolux aku. Gak heran juga kalau Electrolux sudah ada #Over100YearsElectroluxVacuum . Soalnya memang produknya bagus dan awet.

kakira_1116007

Kebetulan, di acara The Urban Mama dan Electrolux Indonesia beberapa waktu yang lalu, aku sempet lihat (dan pegang-pegang) Electrolux Vacuum Cleaner tipe Ergorapido ZB3114AK. Duh kece banget ya. Kenapa kece? Soalnya sudah cordless, artinya bisa lebih mudah dalam penggunaanya. Memiliki 2 pilihan mode pembersih, mode pembersihan regular dan mode pembersihan super cepat dan bertenaga. Ada brush roll clean untuk membersihkan rambut dan serat yang kusut pada rol sikat. Dan bisa berdiri sendiri. Artinya kalau lagi pakai trus harus ngibrit ke tempat lain, bisa langsung dipinggirin aja tanpa harus repot atur-atur posisinya. Baterainya juga sudah lithium turbo power jadi pengisian lebih cepat untuk pemakaian yang lebih lama. Langsung masuk jadi wishlist aku. Semoga ada rejekinya untuk dapetin wishlist yang satu ini. Aamiin. 🙂

Dulu aku gak terlalu concern masalah kebersihan, tapi sekarang udah beda. Penting banget menjaga lingkungan rumah yang bersih karena lingkungan rumah yang bersih akan memberikan kebahagiaan bagi setiap anggota keluarga. Rumah yang bersih dan sehat tentunya akan mendukung anak-anak untuk belajar dengan nyaman dan jika sudah demikian, kita sebagai orangtua juga jadi bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan tenang dan menyenangkan. Betul gak. 🙂

 

See you on the next post.

All picture is mine, unless stated below the picture.

DO NOT COPY AND PASTE THE CONTENT, INCLUDE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION
Copyright of rachanlie.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *