Jakarta Fashion Week 2017: KARA INDONESIA, NRHxNABILIA, MAIMA INDONESIA & NADJANI present “FERVENT”

Hari Senin, 24 Oktober 2016 yang lalu saya mendapatkan undangan untuk menghadiri fashion show “KARA INDONESIA, NRHxNABILIA, MAIMA INDONESIA & NADJANI present FERVENT” di Fashion Tent, Jakarta Fashion Show 2017. Kali ini, saya mendapatkan undangan dari Fika, salah satu designer untuk NRHxNabilia.

BACA JUGA: Jakarta Fashion Week 2017: Wardah YOUniverse

Kara Indonesia, NRHxNabilia, Maima Indonesia dan Nadjani adalah designer dalam negeri yang sudah cukup dikenal dikalangan para hijabers. Mereka, bersama dengan 9 designer lainnya membuka sebuah curated store di fX Sudirman yaitu District 12. Bagi NRHxNabilia dan Nadjani, ini merupakan show pertama mereka di Jakarta Fashion Week. Sedangkan untuk Kara Indonesia dan Maima Indonesia, ini merupakan show mereka yang kedua.

invitation-fervent-jfw-2017

“FERVENT” diangkat sebagai tema besar dari show ke 4 brand ini. Fervent sendiri artinya adalah ketertarikan yang kuat akan sesuatu atau perasaan antusias dalam menerjakan sesuatu. Dan itulah yang mendasari Kara Indonesia, NRHxNabilia, Maima Indonesia, dan Nadjani dalam mengembangkan ide koleksi untuk ditampilkan di Jakarta Fashion Week 2017 ini. Ketertarikan akan kekayaan laut dan hutan di Indonesia, menginspirasi ke 4 brand ini dalam membuat koleksi yang memiliki cerita dengan benang merah yang sama namun tetap mengedepankan karakter brand masing-masing.

Acara kali ini di awali dengan fashion show dari NRHxNabilia dengan koleksinya “SANDTUARY”. Koleksi kakak-adik, Nabila Hatifa dan Nalia Rifika, ini menggunakan palet warna putih, abu-abu, biru muda dan coklat muda.

nrh-x-nabilia-1

“SANDTUARY” sebetulnya merupakan plesetan dari kata sanctuary yang diartikan menjadi rumah peristirahatan di pinggir pantai. Dan rumah peristirahatan inilah yang menjadi inspirasi utama dari koleksi ini, yaitu rumah kayu di pinggir pantai.

nrh-x-nabilia-2

nrh-x-nabilia-3

nrh-x-nabilia-4

Jakarta Fashion Week 2017 ini merupakan penampilan perdana untuk NRHxNabilia. Dan di penampilan perdana ini, mereka mempersembahkan koleksi yang clean and simple dengan permainan siluet A, siluet H dan juga ruffles yang terinspirasi dari ombak di laut. Selain itu, mereka juga memberikan aplikasi menggunakan teknik jahit tangan jaring-jaring yang terinspirasi dari jaring ikan para nelayan dan juga aplikasi mutiara sebar, payet bambu dan kerang yang terinspirasi dari kerang-kerang dan pasir-pasir yang tersebar di pinggir pantai.

nrh-x-nabilia-6

Overall, koleksi NRHxNabilia ini cantik dan bagus banget. Apalagi detail jaring-jaring dan aplikasinya. Kece berats. Congrats ya Fika dan Nabil. ๐Ÿ™‚

nrh-x-nabilia-5

nrh-nabilia-jfw
picture by Suci Utami

Nadya Rizki Amatullah, designer dari Nadjani, kali ini menampilkan koleksi dari brand Nadjani Signature. Koleksi ini diberi nama LORATEGIA, yang artinya adalah taman. Bunga dan unsur alam menjadi inspirasi dan unsur utama yang di tampilkan dalam karya Nadjani mulai dari bougainvillea, poppy, dandelion, dan lainnya.

nadjani-1

Di koleksi kali ini, ia menonjolkan aplikasi bordir manual yang tebal dan juga menggunakan aplikasi pompom dan tassel buatan tangan. Ciri khas Nadjani, potongan asimetris dan jahitan bertumpuk juga tetap ditampilkan di koleksi kali ini. Palet warna yang digunakan untuk koleksi Lorategia adalah cream, cokelat, dusty pink, dan putih.

nadjani-2

Acara malam itu dilanjutkan dengan penampilan fashion show dari koleksi brand Kara Indonesia yaitu “OCEAN SAGA“. Pelaut menjadi sumber inspirasi dari Diana Nurliana, designer Kara Indonesia. Menurutnya, pelaut juga menjadi bagian sejarah negara bahari seperti Indonesia, dan karena itulah pelaut menjadi inspirasi utama pada koleksinya kali ini.

kara-indonesia-1

kara-indonesia-2

kara-indonesia-3

Aplikasi tassel, koin uang masa lalu dan scarf yang di printing khusus digunakan oleh Diana untuk memperdalam kesan pelaut yang ingin di tampilkan. Selain itu, cutting tangan balon dibuat sangat casual sehingga bisa dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari. Sentuhan kombinasi maskulin dan feminin terlihat jelas di dalam koleksinya kali ini. Palet warna koleksi Diana kali ini didominasi warna nautical seperti navy, biru muda, hitam dan putih serta sentuhan garis merah.

kara-indonesia-4

Maima Indonesia tampil menjadi penutup di acara Fervent malam itu. Di Jakarta Fashion Week 2017 ini, Irmasari Joedawinata, designer Maima, menampilkan koleksi yang diberi nama “BREATHE” yang terinspirasi dari keindahan alam, batu-batuan, pohon-pohonan dengan ranting dan akar yang diaplikasikan pada pemilihan warna unsur-unsur tanah (earthtone), dipadukan dengan seni serat makrame sebagai aplikasi modular untuk detail aksen dan manik-manik keramik.

maima-indonesia-1

maima-indonesia-2

maima-indonesia-3

maima-indonesia-4

Koleksi kali ini menggunakan material serat aplikasi detail dengan menggunakan benang katun, polyester dan kain katun yang dibuat menjadi pita dengan ring sebagai aksen serta menggunakan siluet flared A-line.

maima-indonesia-5

Seluruh koleksi yang ditampilkan di Fervent kali ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang memukau para penonton malam itu. Aku sendiri cukup terkesan dan sempet juga “cap cip cup” yang mana yang ditaksir. Hahahahah..

Sukses terus ya NRHxNabilia, Nadjani, Kara Indonesia dan Maima Indonesia. ๐Ÿ™‚

See you on the next post. ๐Ÿ™‚

All pictures and video is taken by me, unless stated below the picture.

DO NOT COPY AND PASTE THE CONTENT, INCLUDE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION
Copyright of rachanlie.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *